KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF

 KONEKSI ANTAR MATERI

BUDAYA POSITIF DI SEKOLAH

oleh: Kun Handayani, M. Pd


RANCANGAN KEGIATAN AKSI NYATA

A. Peran saya dalam menciptakan budaya positif di sekolah:

 

1.       Saya adalah penggerak literasi di SMP Negeri 1 Ngunut

a)       Peran saya sebagai penggerak Literasi di SMP Negeri 1 Ngunut adalah saya mengaktifkan pembiasaan Membaca do'a, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Membaca Pancasila dan 10 menit membaca sebelum pelajaran pada pagi pukul 07.00 di sekolah. Semua siswa mengikuti kegiatan ini dengan tertib. Kegiatan pembiasaan ini membawa dampak positif, yaitu siswa terlambat semakin lama semakin berkurang.

b)      Peran saya dalam kegiatan literasi di sekolah yang lain adalah saya membuat antologi puisi guru murid dan menggerakkan guru dan siswa untuk menulis puisi mengenai Kearifan local dan budaya Kabupaten Tulungagung yang terwujud dalam buku yang berjudul sajak alam.

 

Antologi Puisi Sajak Alam SMPN 1 Ngunut 




2.       Saya adalah seorang wali kelas

a)       Peran saya sebagai wali kelas adalah mendampingi siswa kelas saya untuk dapat mengikuti kegiatan sekolah termasuk kegiatan pembelajaran. Agar siswa saya mengikuti pembelajaran dengan tertib, saya melakukan disiplin positif, memberikan motivasi , menghukum, memberi penghargaan, juga melakukan restitusi. Saya membuat keyakinan kelas bersama dengan siswa saya.

b)      Sebagai seorang wali kelas, saya juga harus memberikan contoh terbaik untuk siswa saya. Saya masuk kelas sesuai jadwal pelajaran. Saya memberi semangat kepada siswa saya untuk tidak lelah dalam menuntut ilmu.

c)       Dalam melaksanakan tugas saya sebagai guru dan wali kelas, saya bersifat mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif, serta Berpihak pada Peserta didik

d)      Dalam melaksanakan tugas saya, saya mampu menjadi pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas baik di sekolah maupun lingkungan sekolah, mampu berkolaborasi dengan rekan dan membimbing rekan di sekolah, dan mampu mewujudkan kepemimpinan murid.

e)      Dalam melaksanakan peran aya sebagai wali kelas, Saya mewujudkan visi guru penggerak saya untuk menciptakan peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, berbudaya, berteknologi, berleadership sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.



Pemikiran reflektif terkait pengalaman belajar

 1.       Pengalaman/materi pembelajaran yang baru saja diperoleh

Bahwa penghargaan merupakan suatu hukuman merupakan hal baru bagi saya. Selama ini saya melihat, mengalami bahwa dengan mendapatkan penghargaan seseorang akan termotivasi untuk berbuat positif, misalnya berprestasi dan aktif dalam pembelajaran di kelas.

Saya tidak menyadari bahwa semua itu merupakan ilusi dan hanya motivasi ekstrinsik yang sewaktu-waktu akan pudar saat penghargaan itu tidak lagi layak didapatkan.


 2.       Emosi-emosi yang dirasakan terkait pengalaman belajar

Belajar modul 1.4 seperti berkaca pada diri sendiri. Apakah budaya positif yang selama ini saya terapkan? Apakah saya sudah menggunakan posisi manajer dalam pelaksanaan tugas saya di sekolah? Apakah saya dapat menerapkan segitiga restitusi dalam memecahkan masalah siswa saya? Semua pertanyaan itu menjadi refleksi bagi saya dan saya sangat senang dengan mendapat pencerahan setelah mempelajari modul 1.4.

Dengan menerapkan segitiga restitusi untuk memecahkan masalah siswa saya, siswa saya juga  merasa senang. Menjalin hubungan kolaboratif dengan teman dengan rasa yang lega karena tidak ada ganjalan sama sekali. Motivasi belajar mereka juga bertambah karena tidak ada lagi permusuhan antar teman.


  3.       Apa yang sudah baik berkaitan dengan keterlibatan saya dalam proses belajar

a)       Saya melaksanakan tugas saya sebagai guru bidang studi sesuai jadwal yang ditetapkan, sebagai wali kelas dan tim penggerak literasi sekolah sesuai pembagian tugas yang dicantumkan dalam sk mengajar.

b)      Saya melayani kebutuhan belajar siswa saya dengan prinsip pembelajaran yang berpihak kepada siswa. Saya melakukan tes diagnostic dengan menanyai siswa terkait latar belakang sosial ekonomi yang menyebabkan gaya belajar mereka berbeda-beda.

c)       Saya melakukan refleksi di akhir pembelajaran untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa saya terhadap materi yang diberikan. 

d)  Saya memberikan kesempatan kepada siswa saya untuk tampil di depan kelas untuk presentasi dialog dan mebuat kesimpulan materi.


 4. Apa yang perlu diperbaiki terkait dengan keterlibatan dirinya dalam proses belajar

Selama ini saya masih menerapkan bentuk penghargaan dalam semua proses pembelajaran. Setelah saya meminta siswa untuk menjawab soal atau melakukan tugas tertentu, saya memberikan reward kepada siswa saya. Itu harus dikurangi sedikit demi sedikit karena saya ingin siswa saya mendapatkan motivasi belajar dan disiplin positif secara internal.


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Posters Kelas 8G, H, I, J, K

Telling about Report Text of Class 9K

How to give comment in social media