KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 2.1 PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 2.1
PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 2.1
Nilai dan Peran Guru
Penggerak merupakan modal bagi guru penggerak untuk melaksanakan visi guru
penggerak untuk terus membawa perubahan kearah positif dengan pendekatan
Inquiri Apresiatif dan dilaksanakan dengan langkah-langkah BAGJA. Budaya
positif yang diciptakan guru penggerak merupakan hasil dari visi guru
penggerak. Semua upaya yang dilakukan dilandasi dengan filosofi KHD yang
berpihak kepada murid dan memiliki tujuan untuk mewujudkan Profil Pelajar
Pancasila. Pembelajaran Berdiferensiasi merupakan solusi untuk memenuhi
kebutuhan murid guna mewujudkan pembelajaran yang berpihak kepada murid.
Menurut Tomlinson
(2001:45) Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha menyesuaikan proses
pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid.
Pembelajaran Berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (comon
sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid..
Pembelajaran Berdiferensiasi adalah pembelajaran dimana memberi ruang pada anak
untuk meningkatkan kemampuan dan potensinya sesuai dengan kesiapan belajar,
minat dan profil belajarnya.
Ciri-Ciri Pembelajaran
Berdiferensiasi
· Lingkungan belajar menarik perhatian siswa untuk belajar.
· Kurikulum memiliki tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas.
· Dilengkapi dengan kegiatan penilaian yang berkelanjutan.
· Guru mampu menanggapi atau memberikan respon atas kebutuhan belajar siswa.
· Manajemen kelas yang efektif
Penerapan Pembelajaran
Berdiferensiasi di Kelas
· Menentukan Tujuan Pembelajaran
· Menganalisis kebutuhan belajar dengan melakukan asesmen diagnostik berdasarkan 3 aspek (kesiapan belajar, minat dan profil murid)
· Mengimplementasi 3 strategi pembelajaran, yaitu konten, proses, dan produk.
· Menggunakan RPP berdiferensiasi dan mengimplementasikannya dalam pembelajaran
· Menerapkan asesmen sesuai tujuan pembelajaran dan kebutuhan murid
Bagaimana pembelajaran
berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai
hasil belajar yang optimal?
Pembelajaran berdiferensiasi dapat
memenuhi kebutuhan belajar murid dengan cara sebagai berikut:
Guru dapat melakukan pemetaan
kebutuhan berdasarkan 3 aspek:
1. Kesiapan Belajar
Guru perlu mengetahui kesiapan
murid untuk mengetahui kapasitas murid mempelajari materi, konsep, atau
ketrampilan baru
2. Minat
Guru memberikan pilihan kepada
muridnya untuk belajar sesuai dengan minatnya.
3. Profil Belajar
Guru memberikan kesempatan kepada
murid untuk belajar secara alami dan efektif sesuai gaya belajarnya, kecerdasan
majemuknya, pengaruh budaya dan lingkungannya
Pembelajaran Berdiferensiasi dapat
membantu murid mencapai hasil belajar yang optimal dengan cara:
Guru dapat menerapkan3 strategi
diferensiasi secara tepat sebagai berikut:
1. Diferensiasi Konten
Guru perlu menyesuaikan
konten/materi sesuai dengan kebutuhan murid yang beragam memperhatikan pemetaan
kebutuhan murid
2. Diferensiasi Proses
Guru perlu memvariasi proses
belajar agar beragam sesuai dengan kebutuhan murid
3. Diferensiasi Produk
Guru perlu mevariasi tagihan produk
yang akan dihasilkan murid sesuai dengan konten yang dipelajari dan sesuai
kemampuan dan pemahaman murid
Komentar
Posting Komentar