KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 2.1 PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

 KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 2.1 

PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 2.1

VIDEO


Nilai dan Peran Guru Penggerak merupakan modal bagi guru penggerak untuk melaksanakan visi guru penggerak untuk terus membawa perubahan kearah positif dengan pendekatan Inquiri Apresiatif dan dilaksanakan dengan langkah-langkah BAGJA. Budaya positif yang diciptakan guru penggerak merupakan hasil dari visi guru penggerak. Semua upaya yang dilakukan dilandasi dengan filosofi KHD yang berpihak kepada murid dan memiliki tujuan untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Pembelajaran Berdiferensiasi merupakan solusi untuk memenuhi kebutuhan murid guna mewujudkan pembelajaran yang berpihak kepada murid.

 

Menurut Tomlinson (2001:45) Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid. Pembelajaran Berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (comon sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid.. Pembelajaran Berdiferensiasi adalah pembelajaran dimana memberi ruang pada anak untuk meningkatkan kemampuan dan potensinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat dan profil belajarnya.

 

Ciri-Ciri Pembelajaran Berdiferensiasi

·         Lingkungan belajar menarik perhatian siswa untuk belajar.

·         Kurikulum memiliki tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas.

·         Dilengkapi dengan kegiatan penilaian yang berkelanjutan.

·         Guru mampu menanggapi atau memberikan respon atas kebutuhan belajar siswa.

·         Manajemen kelas yang efektif

 

Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas

·         Menentukan Tujuan Pembelajaran

·         Menganalisis kebutuhan belajar dengan melakukan asesmen diagnostik berdasarkan 3 aspek (kesiapan belajar, minat dan profil murid)

·         Mengimplementasi 3 strategi pembelajaran, yaitu konten, proses, dan produk.

·         Menggunakan RPP berdiferensiasi dan mengimplementasikannya dalam pembelajaran

·         Menerapkan asesmen sesuai tujuan pembelajaran dan kebutuhan murid

 

Bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal?

 

Pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dengan cara sebagai berikut:

Guru dapat melakukan pemetaan kebutuhan berdasarkan 3 aspek:

1. Kesiapan Belajar

Guru perlu mengetahui kesiapan murid untuk mengetahui kapasitas murid mempelajari materi, konsep, atau ketrampilan baru

2. Minat

Guru memberikan pilihan kepada muridnya untuk belajar sesuai dengan minatnya.

3. Profil Belajar

Guru memberikan kesempatan kepada murid untuk belajar secara alami dan efektif sesuai gaya belajarnya, kecerdasan majemuknya, pengaruh budaya dan lingkungannya

 

Pembelajaran Berdiferensiasi dapat membantu murid mencapai hasil belajar yang optimal dengan cara:

Guru dapat menerapkan3 strategi diferensiasi secara tepat sebagai berikut:

1. Diferensiasi Konten

Guru perlu menyesuaikan konten/materi sesuai dengan kebutuhan murid yang beragam memperhatikan pemetaan kebutuhan murid

2. Diferensiasi Proses

Guru perlu memvariasi proses belajar agar beragam sesuai dengan kebutuhan murid

3. Diferensiasi Produk

Guru perlu mevariasi tagihan produk yang akan dihasilkan murid sesuai dengan konten yang dipelajari dan sesuai kemampuan dan pemahaman murid


Koneksi Antara Materi




















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Posters Kelas 8G, H, I, J, K

Telling about Report Text of Class 9K

How to give comment in social media