2.1.a.9. Aksi Nyata - Modul 2.1
Refleksi Pembelajaran Berdiferensiasi Saya
Selama ini, tujuan pembelajaran untuk RPP diambil dari silabus karena sekolah kami masih mengadopsi kurikulum 2013. Pada kurikulum 2013 sudah ada pemetaan untuk kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang tercantum dalam kompetensi dasar.
Bedanya, untuk kurmer, kompetensi sikap yang harus diwujudkan dalam pembelajaran adalah Profil Pelajar Pancasila. Sedangkan kompetensi pengetahuan dan ketrampilan tertuang dalam capaian pembelajaran pada SK BSKAP no 33 tahun 2022.
Selama ini saya tidak melakukan anaklisis kebutuhan belajar secara tertulis dan sistematis, namun hanya melakukan pengamatan di kelas terhadap sikap/gaya belajar siswa saya saat pembelajaran, apakah mereka termasuk yang visual/audio/kinestetik.
Siswa yang siap belajar di kelas saya hanya 25 persen, selebihnya mereka datang ke kelas tanpa persiapan ("Come in Blank"). Mereka tidak bisa menjawab pertanyaan apapun yang saya berikan. Namun mereka dapat mengerjakan tugas-tugas yang ada di LKPD.
Siswa yang membutuhkan bantuan adalah siswa yang mempunyai kemauan untuk belajar, namun merasa kesulitan memahami materi. Mereka saya sarankan untuk membawa kamus atau meminjam kamus dari perpustakaan. Saya memberikan kebebasan kepada murid untuk mengerjakan tugas LKPD di perpustakaan dengan waktu yang telah ditentukan.
Semua siswa saya suka tantangan. Kemarin saya menerapkan QUIZIZZ offline di kelas saya. Murid saya tertantang untuk menjawab soal-soal yang saya berikan dan ingin diberikan kegiatan yang sama di pertemuan berikutnya. Awalnya saya membuat kuis dengan QUIZIZZ offline dengan kelompok kecill, namun kemudian pada akhirnya saya membuat kegiatan tersebut menjadi idividu.
Menurut saya, pembelajaran yang penuh tantangan dengan diberikan QUIZIZZ offline sangat menarik bagi murid saya sehingga murid ingin lagi dan lagi.
DIferensiasi yang saya terapkan di kelas saya adalah variasi jenis kegiatan belajar dan produk yang dihasilkan. Selama ini memang murid menghasilkan produk dengan menjawab pertanyaan berdasarkan teks, namun pada suatu saat saya meminta mereka untuk berbicara di depan kelas dan menulis/mengarang jenis teks yang sedang dipelajari. Perbedaan jenis tugas berdasarkan tingkat pemahaman mereka.
Komentar
Posting Komentar