EKSPLORASI KONSEP 3.1 STUDI KASUS YANG DIHADAPI
EKSPLORASI KONSEP 3.1
STUDI KASUS YANG DIHADAPI
Kasus yang saya pilih adalah saat saya mengajar pada
jam setelah jam pelajaran PJOK pada jam setelah istirahat. Saat itu hari Rabu,
di kelas 9K ada jam PJOK pada jam ke-5-6. Pada jam ke 7-8 mereka ada jam
pelajaran Bahasa Inggris. SIswa yang sedari pagi belajar, kemudian harus
berolah raga pada jam 10.00 sampai 11.20. Tentu dapat dibayangkan betapa
anak-anak sudah capek sekali setelah berolah fisik di lapangan atau keliling
sekitar sekolah untuk pemanasan.
Jam terakhir Bahasa Inggris setelah jam olah raga
bukanlah jam yang menyenangkan bagi guru Bahasa Inggris. Siswa sudah capek
secara fisik, kemudian harus berpikir keras untuk materi pelajaran Bahasa asing
yang kurang mereka kuasai.Pada saat seperti ini siswa cenderung untuk tidak
berganti baju dan enggan masuk kelas karena masih lelah setelah berolah raga.
Mungkin mereka masih menikmati kudapan di kantin karena kegiatan fisik membuat
mereka merasa lapar dan dahaga.
Sebagai seorang guru Bahasa Inggris (yang merupakan Bahasa
asing yang sulit bagi anak tertentu) mengajar pada jam terakhir setelah jam
olah raga tentu akan membangkitkan emosi saja. Murid cenderung meminta
perpanjangan waktu untuk beristirahat dan minta jam kosong saja karena enggan
untuk belajar, menulis,berpikir, dan mengerjakan.
Analisis
Kasus
1) Apa
nilai-nilai yang saling bertentangan dalam studi kasus tersebut?
Nilai yang bertentangan:
Kasihan anak-anak masih
capek setelah berolah raga.
Seorang guru harus tegas
dalam mendidik anak. Saat jam olah raga habis maka guru harus mendisiplinkan
anak untuk belajar materi selanjutnya.
Dalam hal ini nilai yang
bertentangan adalah Rasa keadilan lawan rasa kasihan (justice vs mercy)
2) Siapa
yang terlibat dalam situasi tersebut ?
Yang
terlimat dalam dilemma etika pada kasus ini adalah saya sebagai seorang guru
Bahasa Inggris yang harus mengajar murid setelah jam olah raga pada jam
terakhir.
3) Apa
fakta-fakta yang relevan dengan situasi tersebut ?
Fakta
yang relevan:
·
Guru Bahasa Inggris harus mengajar jam
Bahasa Inggris pada jam terakhir setelah jam olah raga
·
Siswa merasa capek setelah pelajaran PJOK
·
Guru harus menyampaikan materi pelajaran
karena terbentur aokasi waktu belajar
·
Siswa ingin jam kososng
4) Mari
kita lakukan pengujian benar atau salah terhadap situasi tersebut.
1. Uji
Legal
Guru akan dikatakan melanggar jam
belajar dan jam kerja jika tidak mengajar pada jam yang telah ditetapkan dalam
SK KBM
2. Uji
regulasi/Standar Profesional
Guru akan dikatakan tidak professional
jika tidak mengajar pada jadwal pelajaran yang telah ditetapkan dalam SK KBM
3. Uji
Intuisi
Guru merasa kasihan jika siswa harus
belajar secara ketat dan menegangkan setelah jam pelajaran PJOK dan pada jam
terakhir.
4. Uji
Publik
Jika guru tidak mengajar dan menjadi
viral maka akan merugikan nama baik guru dan nama baik sekolah.
5. Uji
Idola/Panutan
Pada uji idola, saya harus
menggunakan pola piker:
·
Berbasis peraturan
·
Berbasis hasil akhir
·
Berbasis peduli
5) Apakah
ada aspek pelanggaran hukum dalam situasi tersebut? (Uji legal)
6) Apakah
ada pelanggaran peraturan/kode etik profesi dalam kasus tersebut? (Uji
regulasi)
7) Berdasarkan
perasaan dan intuisi Anda, apakah ada yang salah dalam situasi ini? (Uji
intuisi)
8) Apa
yang anda rasakan bila keputusan Anda dipublikasikan di media cetak/elektronik
maupun viral di media sosial? Apakah anda merasa nyaman? (Uji Publikasi)
9) Kira-kira,
apa keputusan yang akan diambil oleh panutan/idola Anda dalam situasi ini?
10) Jika
situasinya adalah situasi dilema etika, paradigma mana yang terjadi pada
situasi tersebut?
11) Dari
3 prinsip penyelesaian dilema, prinsip mana yang akan dipakai?
12) Apakah
ada sebuah penyelesaian yang kreatif dan
tidak terpikir sebelumnya untuk menyelesaikan masalah ini (Investigasi
Opsi Trilemma)?
13) Apa
keputusan yang akan Anda ambil?
14) Coba
lihat lagi keputusan Anda dan refleksikan.
Komentar
Posting Komentar