EKSPLORASI KONSEP 3.1 STUDI KASUS YANG DIHADAPI

 EKSPLORASI KONSEP 3.1

STUDI KASUS YANG DIHADAPI

 

Kasus yang saya pilih adalah saat saya mengajar pada jam setelah jam pelajaran PJOK pada jam setelah istirahat. Saat itu hari Rabu, di kelas 9K ada jam PJOK pada jam ke-5-6. Pada jam ke 7-8 mereka ada jam pelajaran Bahasa Inggris. SIswa yang sedari pagi belajar, kemudian harus berolah raga pada jam 10.00 sampai 11.20. Tentu dapat dibayangkan betapa anak-anak sudah capek sekali setelah berolah fisik di lapangan atau keliling sekitar sekolah untuk pemanasan.

Jam terakhir Bahasa Inggris setelah jam olah raga bukanlah jam yang menyenangkan bagi guru Bahasa Inggris. Siswa sudah capek secara fisik, kemudian harus berpikir keras untuk materi pelajaran Bahasa asing yang kurang mereka kuasai.Pada saat seperti ini siswa cenderung untuk tidak berganti baju dan enggan masuk kelas karena masih lelah setelah berolah raga. Mungkin mereka masih menikmati kudapan di kantin karena kegiatan fisik membuat mereka merasa lapar dan dahaga.

Sebagai seorang guru Bahasa Inggris (yang merupakan Bahasa asing yang sulit bagi anak tertentu) mengajar pada jam terakhir setelah jam olah raga tentu akan membangkitkan emosi saja. Murid cenderung meminta perpanjangan waktu untuk beristirahat dan minta jam kosong saja karena enggan untuk belajar, menulis,berpikir, dan mengerjakan.

 

Analisis Kasus

1)      Apa nilai-nilai yang saling bertentangan dalam studi kasus tersebut?

Nilai yang bertentangan:

Kasihan anak-anak masih capek setelah berolah raga.

Seorang guru harus tegas dalam mendidik anak. Saat jam olah raga habis maka guru harus mendisiplinkan anak untuk belajar materi selanjutnya.

Dalam hal ini nilai yang bertentangan adalah Rasa keadilan lawan rasa kasihan (justice vs mercy)

 

2)      Siapa yang terlibat dalam situasi tersebut ?

Yang terlimat dalam dilemma etika pada kasus ini adalah saya sebagai seorang guru Bahasa Inggris yang harus mengajar murid setelah jam olah raga pada jam terakhir.

 

3)      Apa fakta-fakta yang relevan dengan situasi tersebut ?

Fakta yang relevan:

·         Guru Bahasa Inggris harus mengajar jam Bahasa Inggris pada jam terakhir setelah jam olah raga

·         Siswa merasa capek setelah pelajaran PJOK

·         Guru harus menyampaikan materi pelajaran karena terbentur aokasi waktu belajar

·         Siswa ingin jam kososng

 

4)      Mari kita lakukan pengujian benar atau salah terhadap situasi tersebut.

1.      Uji Legal

Guru akan dikatakan melanggar jam belajar dan jam kerja jika tidak mengajar pada jam yang telah ditetapkan dalam SK KBM

2.      Uji regulasi/Standar Profesional

Guru akan dikatakan tidak professional jika tidak mengajar pada jadwal pelajaran yang telah ditetapkan dalam SK KBM

3.      Uji Intuisi

Guru merasa kasihan jika siswa harus belajar secara ketat dan menegangkan setelah jam pelajaran PJOK dan pada jam terakhir.

4.      Uji Publik

Jika guru tidak mengajar dan menjadi viral maka akan merugikan nama baik guru dan nama baik sekolah.

5.      Uji Idola/Panutan

Pada uji idola, saya harus menggunakan pola piker:

·         Berbasis peraturan

·         Berbasis hasil akhir

·         Berbasis peduli

5)      Apakah ada aspek pelanggaran hukum dalam situasi tersebut? (Uji legal)

6)      Apakah ada pelanggaran peraturan/kode etik profesi dalam kasus tersebut? (Uji regulasi)

7)      Berdasarkan perasaan dan intuisi Anda, apakah ada yang salah dalam situasi ini? (Uji intuisi)

8)      Apa yang anda rasakan bila keputusan Anda dipublikasikan di media cetak/elektronik maupun viral di media sosial? Apakah anda merasa nyaman? (Uji Publikasi)

9)      Kira-kira, apa keputusan yang akan diambil oleh panutan/idola Anda dalam situasi ini?

10)  Jika situasinya adalah situasi dilema etika, paradigma mana yang terjadi pada situasi tersebut?

11)  Dari 3 prinsip penyelesaian dilema, prinsip mana yang akan dipakai?

12)  Apakah ada sebuah penyelesaian yang kreatif dan  tidak terpikir sebelumnya untuk menyelesaikan masalah ini (Investigasi Opsi Trilemma)?

13)  Apa keputusan yang akan Anda ambil?

14)  Coba lihat lagi keputusan Anda dan refleksikan.

 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Posters Kelas 8G, H, I, J, K

Telling about Report Text of Class 9K

How to give comment in social media