Pengambilan Keputusan Berdasarkan Nilai-Nilai Kebajikan Universal Sebagai Pemimpin
Refleksi Dwi Mingguan
Modul 3.1
Pengambilan Keputusan Berdasarkan Nilai-Nilai Kebajikan Universal Sebagai Pemimpin
Model
1: 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)
1. Facts
(Peristiwa):
Minggu
ini saya belajar tentang teori pengambilan keputusan berdasarkan nilai-nilai
kebajikan universal sebagai seorang pemimpin. Hal baik yang saya alami adalah
saya mengalami berproses dari tidak paham menjadi mengerti dan memahami bahwa
setipa pengambilan keputusan sebagi seorang pemimpin, baik pimpinan komunitas
ataupun pemimpin pembelajaran harus memiliki dasar dan pertimbangan dan melalui
9 langkah pengambilan keputusan agar menghasilkan keputusan yang tepat dan
bermanfaat bagi semua pihak. Kesulitan yang saya temui selama belajar awalnya
adalah saya harus menghafal banyak istilah dan banyak tokoh, namun dalam
perjalanan belajar dalam proses pendidikan guru penggerak sangat membantu saya
untuk cepat hafal dan faham akan materi pengambilan keputusan sebagai seorang
pemimpin. Saya mengikuti setiap sesi, membaca materi sambil mengerjakan
tugas-tugas. Dengan demikian sangat membantu saya dalam memahami dan menghafal
materi pendidikan guru penggerak terutama materi pengambilan keputusan sebagai
seorang pemimpin.
2. Feelings
(Perasaan):
Selama pembelajaran berlangsung saya merasa senang dan
bangga karena mendapatkan kesempatan belajar dalam pendidikan guru penggerak
yang diprakarsai oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi
melalui BBGP. Saya mempraktikkan semua materi ke dalam pembelajaran di kelas
saya karena saya ingin bisa dan saya ingin mengamalkan ilmu yang saya dapatkan.
Dalam mengambil setiap keputusan bagi siswa saya saya tidak serta-merta tanpa
dipikirkan terlebih dahulu. Saya harus berpikir seribu kali terlebih dahulu
dalam mengambil keputusan. Saya juga harus memikirkan apa akibat dari keputusan
saya. Dalam memutuskan untuk ada wisuda atau tidak di sekolah saya, saya
menyarankan kepada pihak staf untuk komunikasi dengan wali murid mengenai
pendanaannya karena wisuda adalah untuk kepentingan murid. Melalui dialog antara
para staf dan wali kelas yang dilanjutkan dengan pertemuan dengan komite akhirnya
sekolah berhasil mengadakan pertemuan wali murid yang akhirnya menghasilkan
kesepakatan dan membentuk panitia yang terdiri dai wali murid.
3. Findings
(Pembelajaran):
Pelajaran
yang saya dapatkan adalah saya dapat menerapkan ilmu yang saya dapatkan dalam
melaksanakan tugas saya di sekolah. Dengan melakukan berbagai uji dan
pertimbangan menggunakan 4 paradigma dan 3 prinsip pengambilan keputusan, dan
melakukan 9 langkah pengambilan keputusan, saya merasa yakin akan keputusan
yang saya ambil. Saya tidak merasa ragu-ragu karena keputusan yang saya buat
punya dasar dan melalui banyak pertimbangan tidak sekedar asal bunyi.
4. Future
(Penerapan):
Setelah
belajar dari peristiwa yang saya alami, belajar dalam pendidikan guru pengerak,
saya mendapatkan banyak ilmu baru dan pengalaman baru yang dipraktikkan dalam
aksi nyata di kelas dan dalam melaksanakan tugas saya baik sebagi wali kelas,
sebagai pengurus literasi dan sebagi koordinator korwil Timur MGMP Bahasa
Inggris Kabupaten Tulungagung. Materi modul 3.1 tentang pengambilan keputusan
sebagai seorang pemimpin ini sangat membantu saya ke depan dalam menjalankan
tugas-tugas saya.
Komentar
Posting Komentar