Pengambilan Keputusan Berdasarkan Nilai-Nilai Kebajikan Universal Sebagai Pemimpin

 Refleksi Dwi Mingguan

Modul 3.1

Pengambilan Keputusan Berdasarkan Nilai-Nilai Kebajikan Universal Sebagai Pemimpin





Model 1: 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)

1.      Facts (Peristiwa):

Minggu ini saya belajar tentang teori pengambilan keputusan berdasarkan nilai-nilai kebajikan universal sebagai seorang pemimpin. Hal baik yang saya alami adalah saya mengalami berproses dari tidak paham menjadi mengerti dan memahami bahwa setipa pengambilan keputusan sebagi seorang pemimpin, baik pimpinan komunitas ataupun pemimpin pembelajaran harus memiliki dasar dan pertimbangan dan melalui 9 langkah pengambilan keputusan agar menghasilkan keputusan yang tepat dan bermanfaat bagi semua pihak. Kesulitan yang saya temui selama belajar awalnya adalah saya harus menghafal banyak istilah dan banyak tokoh, namun dalam perjalanan belajar dalam proses pendidikan guru penggerak sangat membantu saya untuk cepat hafal dan faham akan materi pengambilan keputusan sebagai seorang pemimpin. Saya mengikuti setiap sesi, membaca materi sambil mengerjakan tugas-tugas. Dengan demikian sangat membantu saya dalam memahami dan menghafal materi pendidikan guru penggerak terutama materi pengambilan keputusan sebagai seorang pemimpin.

2.      Feelings (Perasaan):

Selama pembelajaran berlangsung saya merasa senang dan bangga karena mendapatkan kesempatan belajar dalam pendidikan guru penggerak yang diprakarsai oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi melalui BBGP. Saya mempraktikkan semua materi ke dalam pembelajaran di kelas saya karena saya ingin bisa dan saya ingin mengamalkan ilmu yang saya dapatkan. Dalam mengambil setiap keputusan bagi siswa saya saya tidak serta-merta tanpa dipikirkan terlebih dahulu. Saya harus berpikir seribu kali terlebih dahulu dalam mengambil keputusan. Saya juga harus memikirkan apa akibat dari keputusan saya. Dalam memutuskan untuk ada wisuda atau tidak di sekolah saya, saya menyarankan kepada pihak staf untuk komunikasi dengan wali murid mengenai pendanaannya karena wisuda adalah untuk kepentingan murid. Melalui dialog antara para staf dan wali kelas yang dilanjutkan dengan pertemuan dengan komite akhirnya sekolah berhasil mengadakan pertemuan wali murid yang akhirnya menghasilkan kesepakatan dan membentuk panitia yang terdiri dai wali murid.

3.      Findings (Pembelajaran):

Pelajaran yang saya dapatkan adalah saya dapat menerapkan ilmu yang saya dapatkan dalam melaksanakan tugas saya di sekolah. Dengan melakukan berbagai uji dan pertimbangan menggunakan 4 paradigma dan 3 prinsip pengambilan keputusan, dan melakukan 9 langkah pengambilan keputusan, saya merasa yakin akan keputusan yang saya ambil. Saya tidak merasa ragu-ragu karena keputusan yang saya buat punya dasar dan melalui banyak pertimbangan tidak sekedar asal bunyi.

4.      Future (Penerapan):

Setelah belajar dari peristiwa yang saya alami, belajar dalam pendidikan guru pengerak, saya mendapatkan banyak ilmu baru dan pengalaman baru yang dipraktikkan dalam aksi nyata di kelas dan dalam melaksanakan tugas saya baik sebagi wali kelas, sebagai pengurus literasi dan sebagi koordinator korwil Timur MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Tulungagung. Materi modul 3.1 tentang pengambilan keputusan sebagai seorang pemimpin ini sangat membantu saya ke depan dalam menjalankan tugas-tugas saya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Posters Kelas 8G, H, I, J, K

Telling about Report Text of Class 9K

How to give comment in social media