JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN KE-11

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN KE-11

8 Mei – 20 Mei 2023 2023

 


Fact

Minggu ini saya masih mempelajari Modul 3.2 tentang Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya. Eksplorasi konsep pada modul ini meminta CGP untuk menganalisis kasus bu Lilin dan Bu Pupur dan memberikan tanggapan terhadap 2 kasus tersebut. Bu Lilin yang mempunyai masalah dengan murid membutuhkan penyelesaian menggunakan Pendekatan Deficit-Based Thinking, sedangkan kasus bu Pupur yang memiliki potensi yang sangat bagus merupakan asset sekolah dan harus dioptimalkan dengan pendekatan Asset-Based Thinking.

Selain menanggapi kasus yang diberikan, CGP juga harus menanggapi analisis yang dibuat oleh CGP lain.

 

Feeling

Saya merasa senang karena mendapatkan materi yang bisa menjadi bekal saya sebagai seorang pemimpin pembelajaran. Saya berpikir materi ini akan sangat membantu saya dalam melaksanakan tugas saya sebagai pemimpin pembelajaran.

 

Findings

Green dan Haines (2016), yang memetakan 7 aset utama, yaitu:

1)      Modal Manusia: Sumber daya manusia yang berkualitas, pengetahuan, kecerdasan, dan keterampilan yang dimiliki setiap warganya dalam sebuah komunitas, kecakapan seseorang yang berhubungan dengan kemasyarakatan, contohnya kecakapan memimpin sekelompok orang, dan kecakapan seseorang berkomunikasi dengan berbagai kelompok.

2)      Modal Sosial: norma dan aturan yang mengikat warga masyarakat yang ada di dalamnya, bagaimana manusia, kelompok, dan organisasi dalam komunitas hidup berdampingan, contohnya adanya kepemimpinan, kerjasama, saling percaya, dan rasa memiliki masa depan yang sama, dan asosiasi.

3)      Modal Politik: aktivitas demokratis dalam tataran politik praktis, berkaitan dengan kekuasaan dan kebijakan, melahirkan kebijakan-kebijakan yang berorientasi pada peningkatan kualitas pembelajaran.

4)      Modal agama dan budaya: sistem berperilaku yang mendasar, hasil cipta dan karya manusia yang unik  yang lahir  dari serangkaian ide, gagasan, norma, perilaku, serta benda, ritual kebudayaan dan keagamaan dalam suatu komunitas, serta pola relasi yang tercipta.

5)      Modal Fisik: Bangunan, Infrastruktur atau sarana prasarana, mulai dari saluran pembuangan, sistem air, mesin, jalan, jalur komunikasi, sarana pendukung pembelajaran, alat transportasi, dan lain-lain.

6)      Modal lingkungan/alam: bumi, udara yang bersih, laut, taman, danau, sungai, tumbuhan, hewan, tanah untuk berkebun, danau atau empang untuk berternak, semua hasil dari pohon seperti kayu, buah, bambu, atau material bangunan yang bisa digunakan kembali.

7)      Modal finansial: Dukungan keuangan yang dimiliki oleh sebuah komunitas, tabungan, hutan, investasi, pengurangan dan pendapatan pajak, hibah, gaji, serta sumber pendapatan internal dan eksternal, pengetahuan tentang bagaimana menanam dan menjual sayur di pasar, bagaimana menghasilkan uang dan membuat produk-produk yang bisa dijual, bagaimana menjalankan usaha kecil, bagaimana memperbaiki cara penjualan menjadi lebih baik, dan juga bagaimana melakukan pembukuan.

  

Future

Ke depan saya akan mengidentifikasi aset-aset yang ada di sekolah saya agar saya dapat melaksanakan pembelajaran yang sebaik-baiknya. Dengan memaksimalkan potensi yang ada, saya dapat memberikan pembelajaran yang berpihak kepada murid.

 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Posters Kelas 8G, H, I, J, K

Telling about Report Text of Class 9K

How to give comment in social media