JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN KE-11
JURNAL REFLEKSI DWI
MINGGUAN KE-11
8 Mei – 20 Mei 2023 2023
Minggu
ini saya masih mempelajari Modul 3.2 tentang Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber
Daya. Eksplorasi konsep pada modul ini meminta CGP untuk menganalisis kasus bu
Lilin dan Bu Pupur dan memberikan tanggapan terhadap 2 kasus tersebut. Bu Lilin
yang mempunyai masalah dengan murid membutuhkan penyelesaian menggunakan Pendekatan
Deficit-Based Thinking, sedangkan kasus bu Pupur yang memiliki potensi yang
sangat bagus merupakan asset sekolah dan harus dioptimalkan dengan pendekatan
Asset-Based Thinking.
Selain
menanggapi kasus yang diberikan, CGP juga harus menanggapi analisis yang dibuat
oleh CGP lain.
Feeling
Saya
merasa senang karena mendapatkan materi yang bisa menjadi bekal saya sebagai
seorang pemimpin pembelajaran. Saya berpikir materi ini akan sangat membantu
saya dalam melaksanakan tugas saya sebagai pemimpin pembelajaran.
Findings
Green
dan Haines (2016), yang memetakan 7 aset utama, yaitu:
1) Modal
Manusia: Sumber daya manusia yang berkualitas, pengetahuan,
kecerdasan, dan keterampilan yang dimiliki setiap warganya dalam sebuah
komunitas, kecakapan seseorang yang berhubungan dengan kemasyarakatan,
contohnya kecakapan memimpin sekelompok orang, dan kecakapan seseorang
berkomunikasi dengan berbagai kelompok.
2) Modal
Sosial: norma
dan aturan yang mengikat warga masyarakat yang ada di dalamnya, bagaimana
manusia, kelompok, dan organisasi dalam komunitas hidup berdampingan, contohnya
adanya kepemimpinan, kerjasama, saling percaya, dan rasa memiliki masa depan
yang sama, dan asosiasi.
3) Modal
Politik: aktivitas demokratis dalam tataran politik praktis, berkaitan dengan
kekuasaan dan kebijakan, melahirkan kebijakan-kebijakan yang berorientasi pada
peningkatan kualitas pembelajaran.
4) Modal
agama dan budaya: sistem berperilaku yang mendasar, hasil
cipta dan karya manusia yang unik yang
lahir dari serangkaian ide, gagasan,
norma, perilaku, serta benda, ritual kebudayaan dan keagamaan dalam suatu
komunitas, serta pola relasi yang tercipta.
5) Modal
Fisik: Bangunan, Infrastruktur atau sarana prasarana, mulai dari saluran
pembuangan, sistem air, mesin, jalan, jalur komunikasi, sarana pendukung
pembelajaran, alat transportasi, dan lain-lain.
6) Modal
lingkungan/alam: bumi, udara yang bersih, laut, taman, danau, sungai, tumbuhan,
hewan, tanah untuk berkebun, danau atau empang untuk berternak, semua hasil
dari pohon seperti kayu, buah, bambu, atau material bangunan yang bisa
digunakan kembali.
7) Modal
finansial: Dukungan keuangan yang dimiliki oleh sebuah komunitas, tabungan,
hutan, investasi, pengurangan dan pendapatan pajak, hibah, gaji, serta sumber
pendapatan internal dan eksternal, pengetahuan tentang bagaimana menanam dan
menjual sayur di pasar, bagaimana menghasilkan uang dan membuat produk-produk
yang bisa dijual, bagaimana menjalankan usaha kecil, bagaimana memperbaiki cara
penjualan menjadi lebih baik, dan juga bagaimana melakukan pembukuan.
Future
Ke
depan saya akan mengidentifikasi aset-aset yang ada di sekolah saya agar saya
dapat melaksanakan pembelajaran yang sebaik-baiknya. Dengan memaksimalkan
potensi yang ada, saya dapat memberikan pembelajaran yang berpihak kepada
murid.
Komentar
Posting Komentar